Sabtu, 26 Desember 2009

Mengintip Papuan Knowledge Center di Kotaraja Pasca Peresmian

Sumber: Cepos 12 September 2008 04:48:41

Kantor Kosong, Belum Ada Aktivitas

Sejak pekan lalu satu lembaga yang penting hadir di Papua yaitu Papua Knowledge Center atau Pusat Pengetahuan Papua yang terletak di Kotaraja. Seperti apa sebenarnya Papua Knowledge Center itu dan bagaimana pula setelah ia diresmikan, berikut laporannya.
Laporan RAHMATIAHari ini, Papua Knowledge Center For People Driven Development atau Pusat Pengetahuan Papua Untuk Gerakan Pembangunan Kampung, berusia satu minggu setelah diresmikan oleh Gubernur Papua Barnabas Suebu, SH, Jumat (5/9).

Lembaga yang dibentuk atas instruksi gubernur dan didukung penuh oleh PT Freeport Indonesia, saat peresmiannya dihadiri Presiden Direktur PT FI itu Armando Mahler. Saat itu, Armando mengatakan bahwa pihaknya menyambut gembira berdirinya lembaga itu. "Tatkala disadari bahwa masih dubutuhkan data dan pengetahuan yang lebih mendalam untuk mulai menerapkan paradigma baru, maka kami menyambut gembira kepercayaan yang diberikan oleh Gubernur Papua untuk menfasilitasi pembentukan sebuah center,"ungkapnya kala itu. katanya.

Dalam peresmian yang dilakukan sepekan lalu, juga diramaikan dengan pameran yang diikuti sejumlah instansi di jajaran Pemprov.Papua yang memamerkan sejumlah keberhasilan pembangunan di Papua.

Kehadiran lembaga ini tentunya sangat dinantikan masyarakat. Sebab rencananya di apua Knowledge Center For People Driven Development akan disajikan data mengenai kampung-kampung di Papua dalam arti luas. Namun sayangnya, setelah diresmikan hingga, Kamis (11/9) kemarin belum terlihat adanya aktifitas di lembaga tersebut.

Saat Cenderawasih Pos mengungunjunginya, kantor tersebut masih kosong dan belum ada kegiatan operasional dan juga belum ada staf yang melakukan aktifitas, selain orang staf Sekretariat PNPM Respek. "Kami juga tidak tahu siapa saja stafnya dan bagaimana kerjanya, karena sampai sekarang ini belum ada kegiatannya," kata salah seorang staf yang mengaku bernama Isworo. Menurut pria ini, sejak diresmikan hingga sekarang, Knowledge Center memang belum operasional. Karena sedang melakukan pembenahan dan persiapan. "Yang saya tahu, mereka sedang berbenah dan mempersiapkan kantornya diatas," katanya.

Ironisnya lagi tidak jelas yang mana tempat di gedung itu yang akan dijadikan kantor untuk Knowledge Center, kendati disebutkan nanti kantornya terletak di lantai dua. Tetapi dimana posisinya yang pasti juga tidak jelas. Sebab dalam gedung yang cukup besar tersebut nantinya akan menjadi kantor bersama karena lembaga-lembaga donor juga akan ikut berkantor di gedung itu.

Ketika Cenderawasih Pos mencoba mengintip ruangan di lantai dua, termasuk tempat yang dijadikan pameran pada saat peresmian, tempat itu kini kosong. Yang terlihat di dalam ruangan hanya sampah kertas berserakan di lantai sisa-sisa pesta peresmian beberapa waktu lalu. Dalam ruangan tersebut juga terlihat lemari berisi buku tetapi tetap saja ruangan itu terlihat tak beraturan.

Pengoperasian Knowledge Center ini tentunya sangat dinantikan masyarakat. Untuk itu lembaga yang nantinya menjadi Pusat Pengetahuan Papua ini dapat segera beroperasi.*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar